Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah
Pemudik Sudah Bisa Lewati Tol Brebes Timur-Gringsing
Selasa, 20 Juni 2017

Pemudik sudah bisa melewati jalan tol fungsional Brebes Timur- Gringsing Kabupaten Batang, mulai Senin (19/6) siang. Jalan tol sepanjang 110 kilometer itu resmi dibuka oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dan pengelola jalan tol Pejagan- Pemalang Toll Road.

Sebelumnya, di titik itu juga digelar apel Operasi Ramadniya Candi 2017 yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar berharap, dengan dibukanya tol fungsional itu, kemacetan yang ada di pintu tol Brebes Timur dan arteri pantura bisa terurai.

"Persoalan mudik tahun lalu kan ada di Brexit. Tahun ini, tolnya tambah panjang hingga Gringsing. Ini sangat membantu pemudik," kata Ganjar. Tol fungsional dibuka selama 24 sepanjang arus mudik Lebaran. Lampu penerangan jalan sudah disediakan meskipun minim.

"Kami sudah menyediakan lampu sar yang bisa dipindah- pindah. Jaraknya bisa mencapai ratusan meter," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono. Tol fungsional tersebut memiliki 10 gardu pembayaran di ruas tol Kaligangsa, Brebes. Diprediksi, akan ada penumpukan kendaraan di jalur tersebut. Sebab, pada jalan penghubung ke jalan tol fungsional itu terjadi penyempitan (bottle neck).

"Kami sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas jika antrean kendaraan terjadi di Kaligangsa," ujar Condro.

Jika kendaraan di Kaligangsa mengular hingga menutup interchange atau persimpangan Brebes Timur (Brexit), maka kendaraan akan dialihkan ke pintu keluar tol Brebes Barat. Polisi juga sudah menyiapkan ribuan personel untuk mengamankan di tol fungsional tersebut.

Sebanyak 20 mobil patroli akan bersiaga di setiap lima kilometer. Mobil patroli itu juga akan memberikan tanda kepada pemudik saat malam hari.

Kepala Cabang Pengelola Tol Kanci Pejagan Pemalang, Zulmarlian Iskandar mengatakan tol mulai berfungsi pada siang kemarin. Petugas di gardu pembayaran sudah disiapkan untuk melayani pemudik. "Setelah sterilisasi, polisi membuka arus lalu lintas di jalan tol fungsional," imbuhnya.

Tol Pejagan mulai padat

Tujuh hari menjelang Lebaran, ruas tol Pejagan- Pemalang dipadati kendaraan, Senin (19/6). Sebagian besar kendaraan yang melintas berpelat nomor dari luar daerah. Kendaraan didominasi kendaraan pribadi.

Pantauan Tribun Jateng, terjadi antrean panjang di pintu tol keluar Brebes Timur (Brexit) sepanjang sekitar 300 meter pada Senin siang. Antrean terurai setelah bus dialihkan di pintu tol keluar Brebes Barat.

Kepala Cabang Pengelola Jalan Tol Kanci, Pejagan, Pemalang, Zulmarlian Iskandar, mengungkapkan volume kendaraan di jalan tol sudah mengalami peningkatan.

"Ada peningkatan kendaraan yang melewati tol. Peningkatan hingga 26.000 kendaraan. Pada hari biasa hanya 17.000 kendaraan," kata Zulmarlian.

Pihak pengelola tol memaksimalkan enam gardu pembayaran pintu keluar di Brebes Timur.

Pintu keluar tol Brexit juga akan terurai saat pintu tol sementara Kaligangsa dibuka secara resmi oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono.

Seorang pemudik dari Cilandak, Jakarta Selatan, Roni Sampur (44) menyatakan tidak ada kendala sejak masuk di pintu tol Cikarang. Dengan adanya jalan tol fungsional, ia mengaku akan lebih cepat sampai hingga Surabaya. "Kayaknya lebih cepat sampai. Bersyukurlah ada ini (jalan tol fungsional)," ujarnya.

Ia memilih untuk mudik cepat agar terhindar dari kemacetan. Sementara, Condro Kirono mengungkapkan pemudik akan menempuh waktu tiga jam saat mengendarai mobil di jalan tol fungsional Brebes Timur-Gringsing Batang.

Selain menjaga kecepatan maksimal 40 kilomter perjam. Condro juga mengimbau pemudik untuk melihat papan informasi pintu keluar tol.

"Ada beberapa pintu tol yang bisa dilewati pemudik. Perhatikan papan informasi yang ada," tuturnya.

Jika pemudik mau ke Purbalingga, Banjarnegara, pemudik lewat pintu tol Gandulan Pemalang.

Pemudik yang memiliki tujuan Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Batang bisa melintas di pintu tol Kandeman.

Untuk pemudik yang akan ke Kendal, Semarang, Demak, Kudus, akan keluar di Gringsing Batang.


Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2017/06/20/pemudik-sudah-bisa-lewati-tol-brebes-timur-gringsing?page=3

Komentar